Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan dan Kapabilitas Pemasaran terhadap Peningkatan Kinerja Usaha pada UMKM Resto dan Cafe di Kota Pontianak

Authors

  • Ernawati Agnes Gunawan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan kapabilitas pemasaran terhadap kinerja usaha pada UMKM resto dan cafe di kota Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 62 pelaku usaha resto dan cafe di kota Pontianak berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data berupa analisis statistik dengan bantuan software SPSS Statistic versi 25 dan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan kapabilitas pemasaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja usaha. kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan kapabilitas pemasaran oleh UMKM resto dan cafe di kota Pontianak dapat memberikan kontribusi dalam kinerja usaha mereka. Adapun Saran dari penulis adalah pelaku usaha sebaiknya lebih aktif untuk mencari informasi mengenai kebutuhan/keinginan pelanggan, mencari peluang pasar secara terus menerus, mengembangkan kemampuan dalam dalam menerapkan strategi distribusi, dan meningkatkan target penjualan yang telah ditetapkan.

References

Saleh, Alharbi Adel. 2015. “The Role of Marketing Capabilities in Firm’s Succes.” International Journal of Management Science and Business Administration, vol2,no.1,. pp 56-65.

Sari, Lila Fitria. 2013. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pedagang Pakaian Jadi Di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus.” Management Analysis Journal, vol2,no.1.

Taleghani, Mohammad, Shahram Gilaninia, Sahar Matloub. T. 2013. “Market Orientation and Business Performance.” Singaporen Journal of Business Economics, and Management Studies, vol1,no11.

Taylor, Paul. 2013. “The Effect Of Entrepreneurial orientation on the internationalization of SMEs in Developing Countries.” African Journal of business Management, vol7,no.19,. pp 1927-1937.

Tjiptono, Fandy, dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategi, Branding Strategy, Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif, hingga e-Marketing. Yogyakarta: Andi.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan PublikSektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles