Analisis Pengaruh Aksesibilitas Lokasi, Fasilitas Kesehatan, Kinerja Layanan dan Kepercayaan Pasien terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak

Authors

  • Margaesta Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aksesibilitas lokasi, fasilitas kesehatan, kinerja layanan dan kepercayaan pasien terhadap keputusan menggunakan jasa pada Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah pasien yang pernah menggunakan jasa Rumah Sakit Bersalin Jeumpa di Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak seratus sepuluh responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22.00. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Skala yang digunakan dalam analisis data kualitatif adalah Skala rating. Pengujian data dilakukan dengan, uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi linear berganda, uji anova (F hitung), dan uji hipotesis (t hitung). Hasil dari penelitian ini adalah aksesibilitas lokasi, fasilitas kesehatan, kinerja layanan dan kepercayaan pasien berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menggunakan jasa.

References

Karim, Bobby, Tumbel Altje dan Soepono Djurwati. “Pengaruh Fasilitas, StrategiPromosi, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa pada Muscle Gym Manado”. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA. Vol. 3, No.1. ISSN: 2303-1174, Maret (2015), hal. 11.

Kotler, Pilip & Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen, fifth edition, England: Person Education Hall, Inc.

Lempoy, Nikolaus Christian, Silvya L. Mandey, dan Sjendry S. R. Loindong. “Pengaruh Harga, Lokasi, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder”. Manado: Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA. Vol.3, No.1, ISSN: 2303-1174, 1 Maret 2015, hal. 10.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Manengal. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cv. Esa Genangku (Esacom) Manado”. Manado: Universitas Sam Ratulangi. Jurnal EMBA. Vol. 3, No.3. ISSN: 2303-11, September (2015), hal. 10.

Downloads

Published

2021-08-31

Issue

Section

Articles