Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar terhadap Harga Saham Sektor Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Frederik Ferry Bramialdo Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perubahan makro ekonomi dapat memengaruhi pergerakan harga saham Sektor Perbankan dan juga memengaruhi kinerja bank dalam jangka panjang. Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh makro ekonomi (inflasi, suku bunga, dan nilai tukar) di Indonesia terhadap harga saham Sektor Perbankan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 perusahaan dan sampel berjumlah 27 perusahaan. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan telah melakukan IPO sebelum tahun 2014, (2) perusahaan tidak mengalami suspensi dan tidak delisting selama masa penelitian, dan (3) perusahaan merupakan bank devisa. Teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F, dan uji t. Hasil pengujian menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,598 atau 59,8 persen, inflasi tidak berpengaruh terhadap harga saham, suku bunga berpengaruh negatif terhadap harga saham, dan nilai tukar berpengaruh positif terhadap harga saham.

References

Amperaningrum, Izzati dan Robby Suryawan Agung. 2011. “Pengaruh Tingkat Suku Bunga SBI, Nilai Tukar Mata Uang, dan Tingkat Perubahan Inflasi terhadap Perubahan Harga Saham Sub Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia.” Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur, dan Sipil) Universitas Gunadarma, Vol. 4, hal. 160-164.

Dompas, Saartje Laoh. 2013. “Analisis Pengaruh Inflasi, Suku Bunga, dan Nilai Tukar terhadap Harga Saham pada Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia.” Journal of Business and Economics, Vol. 12, no. 1, p. 69-83.

Kontesa, M., Brahmana, R.K. dan Tong, A.H.H. (2021). Narcissistic CEOs and Their Earnings Management. Journal of Management and Governance, 25(1), 223-249.

Safuridar dan Zikra Asyuratama. 2018. “Analisis Indikator Makro Ekonomi terhadap Harga Saham Sektor Perbankan.” Jurnal Samudra Ekonomika, Vol. 2, no. 2, hal. 137-146.

Saripudin dan Hilman Lutfi. 2017. “Pengaruh Makro Ekonomi terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia.” Kalbisocio, Vol. 4, no. 2, hal. 149-157.

Utari, G. A. Diah, Retni Cristina S. dan Sudiro Pamudi. 2016. “Inflasi di Indonesia: Karakteristik dan Pengendaliannya.” Seri Kebanksentralan, no. 23.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles