Pengaruh Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI

Authors

  • Yunani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di BEI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausal dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah studi dokumenter. Populasi berjumlah 162 Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia dan sampel 131 Perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Saran yang dapat disimpulkan adalah peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan faktor lain yang dapat berdampak pada nilai perusahaan sebab nilai koefisien determinasi yang didapat masih rendah yakni sebesar 21,3 persen. Peneliti selanjutnya juga dapat menggunakan objek penelitian yang berbeda.

References

Dewatoro, Acong., Thaib, Ilham. 2017. “Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening.” Jurnal Riset Perbankan Manajemen dan Akuntansi, Vol. 1, No. 1.

Ekadjaja, Agustin dan Linawaty. 2017. “Analisis Pengaruh Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Manajerial dan Arus Kas Bebas Sebagai Variabel Pemoderasi.” Jurnal Ekonomi, Vol. XXII, No. 01, Maret, Hal. 164-176.

Halim, K.I. (2021). The Impact of Financial Distress, Audit Committee, and Firm Size on the Integrity of Financial Statements. Jurnal Akuntansi: Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 223-233.

Kurniangsih, Heni Triastuti. 2013. “Pengaruh Profitabilitas dan Size Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility.” Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, Vol. 13, No. 1, PP. 93-111.

Lestari, Putu Vivi., Novari, Putu Mikhy. 2016. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real Estate.” E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5, No.9, Hal. 5671-5694.

Lisa, Erna., Sutama, Dedi Rossidi. 2018. “Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.” Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi, Vol. X, No. 1, Februari.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles