Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garment di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Jenice Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel struktur aktiva, profitabilitas, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap struktur modal. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian asosiatif dan menggumpulkan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Populasi dari tahun 2014 sampai tahun 2018 sebanyak 17 Perusahaan Sub Sektor Tekstil dan Garment di BEI dan sampel 16 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan statistic deskriptif, pengujian asumsi klasik, korelasi, koefisien determinasi, uji F dan ui t. Hasil analisis menunjukkan bahwa struktur aktiva dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap struktur modal.

Referensi

Indrajaya, Glenn, Herlina dan Rini Setiadi. 2011. “Pengaruh Struktur Aktiva, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pertumbuhan, Profitabilitas dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal: Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2007.” Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi No. 06 UKM, hal. 1-23.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Riyanto, Bambang. 2015. Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Sari, Devi Verena, dan A. Mulyo Haryanto. 2013. “Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Aset, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva dan Likuiditas terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010.” Journal of Manajement, vol. 2, no. 3 hal. 1- 11.

Satrio, A.B. dan Kontesa, M. (2021). Financial Information and Firm Value in Developing Markets: Are Investors Rational During Pandemic? Proceeding: The 1st Virtual Conference on Social Science in Law, Political Issue and Economic Development (VCOSPILED), 107-112.

Yudhiarti, Retno, dan Mohammad Koliq Mahfud. 2016. “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Period Tahun 2010-2014.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol 5, no. 3, hal. 1-13.

Diterbitkan

2021-07-31

Terbitan

Bagian

Articles