Pengaruh Daya Tarik Produk dan Kepercayaan terhadap Keputusan Jadi Anggota CU Sumber Kasih di Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau

Authors

  • Yohana Elsi Pebriani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kata Credit Union berasal dari bahasa Latin, Credere yang berarti percaya dan Union yang berarti bersatu (mengikat diri dalam suatu kesatuan). Jadi Credit Union berarti kesatuan orang-orang yang saling percaya. Pondasinya adalah kepercayaan dan wujudnya adalah gerakan. Tujuannya adalah untuk saling memberdayakan, memperkuat solidaritas, dan memperkokoh kesejahteraan masyarakat miskin. Credit Union menganut prinsip dari anggota, oleh anggota, dan untuk anggota. Penelitian ini penulis menggunakan analisis kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, populasi seluruh anggota CU Sumber Kasih Di Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau, sampel sebanyak 100 orang. Analisis setiap jawaban diberikan bobot dengan SkalaLikert dan perhitungan menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).Hasil analisis dan pengujian hipotesis H1 diterima dan H2 diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara variabel daya tarik produk dan kepercayaan terhadap keputusan jadi anggota.

References

Halim, Monica Purnamasari. 2015. Kajian Indikator Kepercayaan Konsumen Akan Online Review Pada Proses Keputusan Booking Hotel Secara Online. Jurnal Akademika, Vol. 13, No. 1, Februari.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Pontianak: PT. Penerbit Erlangga.

Nugroho, Wisnu Adhi dan Rahmat Hidayat. 2017. Pengaruh Kenyamanan Dan Kepercayaan Produk Terhadap Loyalitas pelanggan. Jurnal e-Proceeding Of Apllied Science, Vol. 3, No. 3, Desember.

Putri, Yuniar Anggita. 2013."Pengaruh Daya Tarik Produk, Word Of Mouth dan Citra Merek Terhadap Minat Menjadi Nasabah Kredit Mikro".Jurnal Sains Pemasaran Indonesia,Volume XII, No. 3, halaman 283 – 300, Desember.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles