Pengaruh Total Asset Turnover, Debt to Equity Ratio dan Firm Size terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Rini Nur Afifah Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh total asset turnover, debt to equity ratio, dan firm size terhadap profitabilitas. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian asosiatif. Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia dengan jumlah populasi sebanyak 60 perusahaan. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria IPO sebelum tahun 2014 dan memiliki data variabel yang diperlukan untuk penelitian. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 39 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dengan data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien korelasi dan determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total asset turnover dan firm size berpengaruh positif terhadap profitabilitas. Sedangkan debt equity ratio berpengaruh negatif terhadap profitabilitas.

Referensi

Fahmi, Irham. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta, 2016.

Hery. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo, 2016.

Kasmir Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Raawali Pers, 2016.

Kontesa, M., Chai, L.S., Brahmana, R.K. dan Contesa, S. (2020). Do Female Directors Manipulate Earnings. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, 15(2), 141-151.

Lucya D. Wikardi, Natalia T. Wiyani. “Pengaruh Debt to Equity Ratio, Firm Size Inventory Turnover dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Profitabilitas.” Jurnal Online Insan Akuntan, vol. 2, no. 1, Juni 2017, hal 99-118.

Nidar, Sulaeman Rahman. Manajemen Keuangan Perusahaan Modern. Bandung: Pustaka Reka Cipta, 2016.

Nur A. Widiastuti, Rina Arifati, Abrar. “ Pengaruh Levarege, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perushaaan, Rasio Likuiditas dan Rasio Aktivitas terhadap Profitabilitas.” Journal of Accounting, vol. 2, no.2, Maret 2016 hal. 1-8.

Diterbitkan

2021-07-31

Terbitan

Bagian

Articles