Analisis Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Free Cash Flow dan Pertumbuhan Pendapatan terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Evi Riyanti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, struktur modal, free cash flow dan pertumbuhan pendapatan terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian adalah pada Perusahaan Sektor Aneka Industri tahun 2014 hingga 2018 dengan populasi sebanyak 46 perusahaan. Sampel sebanyak 25 perusahaan ditentukan dengan metode purposive sampling. Bentuk penelitian asosiatif. Pengujian dengan permodelan regresi linear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan masing-masing perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan free cash flow tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan struktur modal dan pertumbuhan pendapatan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

References

Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.

Harmono. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Hartono. (2021). COVID-19 Vaccine: Global Stock Market “Game Changer”. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(2), 8-17.

Helfert, Erich A. 2000. Teknik Analisis Keuangan. Edisi Ketujuh. Penerjemah Herman Wibowo. Jakarta: Erlangga.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Grafindo Persada, 2011.

Manurung, Adler H. 2007, Cara Menilai Perusahaan. Jakarta: Pt Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles