Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kue Kering di Kota Pontianak

Penulis

  • Sylvia Winda Salim Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Berubahnya pola perilaku konsumen membuat para pelaku UMKM sulit untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan konsumen, inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan dapat menciptakan kinerja pemasaran UMKM kue kering menjadi lebih baik. Tujuan dari penciptaan kinerja pemasaran yang lebih baik akan menimbulkan cakupan pasar yang lebih luas dan profit yang diperoleh menjadi lebih maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pemilik usaha kue kering di Kota Pontianak dan jumlah sampel 115 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel indenpenden dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa orientasi pasar, inovasi produk dan keunggulan bersaing berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Referensi

Dalimunthe, Muhammad Bukhori. 2017. “Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar ,dan Inovasi Produk”. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol 3,No.1.

Darmanto, Fransiscus Xaverius Sri Wardaya, dan Lilis Sulistyani. 2018. Strategi Orientasi Pemasaran dan Kinerja Organisasi UMKM. Surakarta : Deepublish publisher.

Djodjobo, Cynthia Vanessa, dan Hendra N. Tawas. 2014. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ghozali, Imam. 2014. Ekonometrika: Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22. Semarang: Universitas Diponegoro.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Lapian, Adelina Agnes, James Massie, dan Imelda Ogi. 2016. “Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR Prisma Dana Amurang”. Junal EMBA, Vol. 4, No.1, (Maret).

Mulyani, Ida Tri, dan Mudiantono. 2015. “Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui. Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Dengan Inovasi SebagaiVariabel Intervening (Studi Empiris Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota Semarang)”. Journal Of Management. Vol. 4, No.3.

Diterbitkan

2021-07-31

Terbitan

Bagian

Articles