Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Supermarket Siantan di Pontianak

Authors

  • Fransiska Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuisioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini sebanyak 66 orang karyawan pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 66 responden pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan di Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik sampling jenuh. Pembahasan dengan mengunakan uji validitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda,uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software spss 22. Hasil dari penelitian ini adalah budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Bintaro, M.T, Drs. Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Chang, William. 2014. Metode Penulisan Ilmiah, Teknik Penulisan Esai, Skripsi, Tesis, dan Disetasi untuk Mahasiswa, Jakarta: Erlangga.

Dedy Ansari Harahap, Dita Amanah. 2018. Pengantar Manajemen, Bandung: Alfabeta.

Emron Edison, Yohny Anwar, Imas Komariyah. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: CV Alfabeta.

Fauzie Rahman, Husaini et al. 2017. Perilaku Organisasi, Yogyakarta: Expert.

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Hendi Suhendi, Sahya Anggara. 2012. Perilaku Organisasi, Bandung: Pustaka Setia.

Komang Ardana, Ni Wayan Mujiati, Anak Agung Ayu Sriathi. 2009. Perilaku Keorganisasian, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja, Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles