Analisis Pengaruh Return On Asset, Firm Size, Cash Holding dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Alvin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh return on asset, firm size, cash holding dan investment opportunity set terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif, sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumenter. Populasi dalam penelitian ini yaitu 69 perusahaan sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi di bursa efek indonesia dan sampel penelitian 48 perusahaan dengan penentuan berdasarkan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, korelasi, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa return on asset berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan firm size, cash holding dan investment opportunity set tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kemampuan keempat faktor dalam memberikan penjelasan terhadap perubahan nilai perusahaan yaitu sebesar 21,4 persen.

References

Hermuningsih. 2012. “Pengaruh Profitabilitas, Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening.” Journal Siasat Bisnis, vol.16, no.2, Juli, hal.232-242.

Hidayah. 2015. “Pengaruh Investment Opportunity Set (IOS) dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property dan Real Estat di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Akuntansi, vol.19, no.3, September, hal. 420432.

Kallapur, Sanjaya dan Mark A. Trombley. 2001. “The Investment Opportunity Set: Determinants, Consequences and Measurement.” Managerial Finance, vol.27, no.3, hal. 3-5.

Kontesa, M., Lako, A. dan Wendy. (2020). Board Capital and Earnings Quality with Different Controlling Shareholders. Accounting Research Journal, 33(4/5), 593-613.

Saifi, Muhammad. 2017. “Investment Opportunity and Performance of Manufacturing Company in Indonesia.” Journal of Applied Management, vol.15, no.3, September, pp. 522-527.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles