Analisis Pengaruh Stres Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Aston di Pontianak

Authors

  • Ferdian Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel stres kerja, lingkungan kerja dan kinerja karyawan yang terdapat pada Hotel Aston di Pontianak dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh stres kerjadan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Aston di Pontianak. Penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif dan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui studi documenter dan penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Hotel Aston di Pontianak. Dalam penentuan sampel penulis menggunakan metode sampling total atau menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel sehingga sampel yang digunakan adalah sebanyak 96 responden. Pada saat pengolahan sebanyak 96 data responden yang diolah, semua kuesioner di kembalikan oleh pihak Hotel Aston Pontianak. Hasil dari penyebaran kuesioner diolah dengan memberikan bobot penilaian berdasarkan skala likert. Data yang di peroleh dari penyebaran kuesioner diolah dengan menggunakan program SPSS 22. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap karakteristik responden pengujian kuesioner dengan uji validitas dan uji reliabilitas serta uji asumsi klasik dan dilanjutkan dengan pengujian model serta analisis regresi berganda.

References

Aldy Pambudi Wicaksono.”Analisis pengaruh lingkungan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan depot lpg balongan (PT Peramina)”. Skripsi. Fakultas ekonomi universitas negri yogyakarta, 2017.

Arestia, N. (2021). The Influence of Leadership Style and Organizational Culture on Job Satisfaction of the CUG Konsepsi Filosofi Petani Pancur Kasih Pontianak. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 5(2), 99-108.

Cooper, C, dan Straw, A. Successsfull Stres Management In a Week. London :Hodde & Stoughton, 2002.

Dra Nuria Erisna MM.”Analisis pengaruh lingkungan dan stres kerja terhadap kinerja karyawan (PT Golden Comunication TDC (Telkomsel Distribution center)”. Skripsi. Fakultas ekonomi dan bisnis universitas bandar lampung, 2018.

Dwi Septianto. “Analisis pengaruh lingkungan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan ( studi pada PT Pataya Raya Semarang)”. Skripsi. semarang: Fakultas ekonomi universitas di ponegoro, 2010.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles