Analisis Reaksi Pasar Sebelum dan Sesudah Private Placement Emiten di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Irvan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah private placement. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 49 Perusahaan dan jumlah sampel penelitian sebanyak 35 perusahaan dengan penentuan berdasarakan metode purposive sampling perusahaan yang melakukan private placement di BEI tahun 2014 s.d 2019. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, dan pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan abnormal return maupun trading volume activity sebelum dan sesudah private placement dikarenakan sudah adanya standby buyers yang siap membeli saham-saham yang ditawarkan tersebut, dengan harganya yang telah disepakati. Dan trading volume activity dari saham-saham yang ditawarkan sebelum dan sesudah penguman private placement tidak berpengaruh terhadap perilaku investor.

References

Hartono, Jogiyanto. 2008. Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 5. Yogyakarta: BPFE.

M. Normazia, Hassan,Taufiq. M. Ariff , M. Shamsher. 2013. “Private Placement, Share Prices, Volume and Financial Crisis: An Emerging Market Study”. 24, 203-221

Molin, Johan. 1996. “Shareholder gains from equity private placements: Evidence from the Stockholm Stock Exchange”,101.

Qian, Hong. 2011. “Liquidity Changes around Seasoned Equity Issuance: Public Offerings versus Private Placements”. 46, 127-149.

Samsul Mohammad. 2010. Pasar Modal & Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga.

Santoso, H., Lako, A. dan Rustam, M. (2020). Relationship of Asset Structure, Capital Structure, Asset Productivity, Operating Activities and Their Impact on the Value of Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 358-370.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles