Analisis Pengaruh Free Cash Flow, Operating Leverage, Capital Expenditure dan Firm Size terhadap Capital Structure pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Fredy Halim Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh free cash flow, operating leverage, capital expenditure dan firm size terhadap capital structure. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal asosiatif. Objek penelitian ini adalah sektor industri dasar dan kimia di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumenter dengan menggunakan data sekunder laporan keuangan kosolidasi yaitu dari Indonesian Stock Exchange (IDX) pada periode 2014 hingga 2018. Penentuan sampel dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 56 perusahaan. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa free cash flow, capital expenditure berpengaruh positif terhadap capital structure, operating leverage tidak berpengaruh terhadap capital structure dan firm size berpengaruh negatif terhadap capital structure pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia di Bursa Efek Indonesia.

References

Mulyadi. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2014.

Ross, Stephen A., Randolph W. Westerfield, Jeffrey Jaffe, dan Bradford D. Jordan. Corporate Finance, eleventh edition. New York: McGraw-Hill Educationn. 2016.

Satrio, A.B. (2020). Asymmetric Information and Firm Value During Pandemic COVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Sudana, I Made. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktek. Jakarta: Erlangga, 2011.

Sutrisno. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ekonisia, 2007.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles