Pengaruh Free Cash Flow, Investment Opportunity Set, dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Utang Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Widya Astuti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kemampuan dalam pengelolaan pendanaan oleh manajemen keuangan memiliki peranan penting sebab adanya trade-off antara biaya dan manfaat dari penggunaan utang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh free cash flow, investment opportunity set, dan profitabilitas terhadap kebijakan utang. Analisis pada 35 Perusahaan Sektor Aneka Industri di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 hingga 2018 yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling. Bentuk penelitian asosiatif dengan OLS regression. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter berupa data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa free cash flow dan investment opportunity set berpengaruh positif terhadap kebijakan utang sedangkan profitabilitas berpengaruh negatif. Kemampuan ketiga faktor tersebut dalam menjelaskan perubahan pada kebijakan utang adalah sebesar 35,3 persen.

References

Brahmana, R., You, H.W. dan Kontesa, M. (2020). Does CEO Power Matter for the Performance of Retrenchment Strategy? Journal of Strategy and Management, 14(1), 1-18.

Ifada, Luluk M. dan Yunandriatna. 2017. “Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan.” Jurnal Akuntansi dan Auditing, Vol. 14, no. 1, hal. 40-54.

Jumingan. 2017. Analisis Laporan Keuangan, edisi keenam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Linda, Maya F. Lautania, dan Muhammad Arfanynata. 2017. “Determinan Kebijakan Hutang: Bukti Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis,Vol. 4, no. 1, pp. 91-112.

Manik, Tumpal. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Investment Opportunity Set terhadap Kebijakan Hutang dan Free Cash Flow.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia, Vol. 1, no. 2, April 2018, hal 1-14.

Nafisa, Adita, Atim Dzajuli, dan Djumahir. 2016. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Hutang Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol. 21, no. 2, hal. 122-135.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles