Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran pada UMKM Sektor Fashion di Kota Pontianak

Penulis

  • San San Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Sektor Fashion di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 466 toko pemilik UMKM Sektor Fashion dengan jumlah sampel 120 responden. Teknik analisis dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan pengujian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t dapat disimpulkan bahwa variabel orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Sektor Fashion di Kota Pontianak. Adapun saran-saran dari penulis kepada UMKM Sektor Fashion di Kota Pontianak adalah meningkatkan kinerja pemasaran dengan menciptakan pemikiran dan gagasan untuk menghasilkan karya baru, mengumpulkan berbagai informasi mengenai tren fashion terkini serta memperluas pertemanan dengan berbagai komunitas di industri fashion bahkan saling berkolaborasi untuk menciptakan model pakaian terbaru.

Referensi

Putri, Laksmi A. Made., Yasa K. Nyoman, dan Giantari Ketut A. “Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Ukm Kerajinan Endek di Kabupaten Klungkung.” Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana, 2018.

Sinaga, Dearlina. Kewirausahaan: Pedoman untuk Kalangan Praktisi dan Mahasiswa. Yogyakarta: Ekuilibria, 2016.

Sujarweni, Wiratna. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014.

Supriyati, Darham, dan Herawati. “Analisis Pengaruh Promosi dan Inovasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Bungo Pada Rumah Batik Vinto Muara Bungo.” Fakultas Ekonomi, Universitas Muara Bungo, 2017.

Usvita, Mega. “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran IKM Kota Padang Dengan Differentiation Strategy Sebagai Variabel Intervening.” Fakultas Ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Pasaman, 2014.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Diterbitkan

2021-06-30

Terbitan

Bagian

Articles