Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Grand Mahkota Pontianak

Authors

  • Fransiska Tanti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kinerja karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah lingkungan kerja dan komitmen organisasi. Kualitas lingkungan kerja yang baik dan karyawan yang memiliki komitmen akan menghasilkan kinerja tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pengaruh Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Grand Mahkota Pontianak. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskriptif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 responden pada Hotel Grand Mahkota di Pontianak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik Purposive sampling. Pembahasan dengan mengunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software SPSS 22. Hasil dari penelitian ini adalah Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan.

References

Rahmawanty, Nela Pima, Bambang Swasto, Arik Prasetya. 2014. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 8, No. 2, Hal. 1-9.

Sedarmayanti. 2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Sidanti, Heny. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja, Displin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negri Sipil di Sekretariat DPRD Kabuapaten Madiun. Jurnal JIBEKA, vol. 9, No. 1, Hal. 44-53.

Syamsir, Torang. 2016. Organisasi dan Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Verianto, H. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Efikasi Diri, dan Komitmen Organisasional terhadap Berbagi Pengetahuan Karyawan di Kantor Cabang Utama PT Bank Panin, Tbk. Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 128-146.

Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles