Analisis Pengaruh Pelatihan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Aston di Pontianak

Authors

  • Hendri Supriandi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh antara pelatihan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Aston di Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumenter. Pengambilan sampel pada penelitian inimenggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling insidental. Sampel berjumlah 104 orang karyawan Hotel Aston di Pontianak. Metode analisis data yang digunakan adalahanalisis statistik deskriptif terhadap karakteristik responden dan pengujian pada kuesionerdilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, pengujian model dan analisisregresi berganda. Berdasarkan hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapatpengaruh positif dan signifikan pelatihan dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Aston di Pontianak.

References

Ginting, S. (2021). The Effect of Organizational Climate and Job Satisfaction on the Formation of OCB in Marketing Staff of PT AJMI Pontianak Branch. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 2(4), 76-83.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2008. Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Refika Aditama.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Pribadi, Benny. A. 2014. Implementasi Model Addie: Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Group.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Robbins, Stephen P., dan Mary Coulter. 2010. Manajemen edisi kesepuluh (judul asli: Management Tenth Edition). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles