Analisis Pengaruh Intellectual Capital, Non Performing Loan (NPL), dan Kinerja Keuangan (ROE) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Daniel Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital, non performing loan (NPL), dan kinerja keuangan dengan menggunakan perhitungan return on equity (ROE) terhadap nilai perusahaan dengan menggunakan perhitungan price book value (PBV). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan hubungan kausal dan mengumpulkan data dengan melihat laporan keuangan. Populasi berjumlah 41 Perusahaan Sub Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia dan sampel 37 perusahaan berdasarkan purposive sampling dengan kriteria perusahaan Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2014 dan sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa kinerja keuangan (ROE) tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan (PBV), sedangkan intellectual capital memiliki pengaruh positif dan non performing loan (NPL) memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan (PBV). Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa faktor variabel dependen yang diteliti memiliki kontribusi pengaruh sebesar 18 persen terhadap nilai perusahaan (PBV). Saran untuk penelitian selanjutnya tidak memakai variabel kinerja keuangan dengan perhitungan return on equity karena menghasilkan nilai yang kurang berfluktuasi sehingga berpengaruh terhadap hasil penelitian.

Referensi

Dajaja, Irwan. All About Corporate Valuation, Edisi Revisi : Memetakan, Menciptakan, Mengukur, dan Merealisasikan Nilai Perubahan. Jakarta: Gramedia, 2018.

Darmawi, Herman. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Fahmi, Irham. Pengantar Manajemen Keuangan, Teori dan Soal Jawab. Bandung: Alfabeta, 2016.

Fahtiani, Maimunah, “Pengaruh NPL, ROA, Dan CAR Terhadap PBV Pada Bank BUMN.” Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik, Vol. 14, No. 1 (2019), hal. 19-36.

Novita, Dhian, Yuskar. “Analisis Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Keuangan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Perbankan.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, Vol.12, No.4 (Desember 2014), hal. 331-337.

Santoso, H. (2019). The Impact of Investment Decision and Funding on Financial Performance and Firm Value. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2), 103-112.

Diterbitkan

2021-05-31

Terbitan

Bagian

Articles