Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Santika di Pontianak

Authors

  • Paula Efrosina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap keputusan menginap pada Hotel Santika di Pontianak. Bentuk penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode untuk pengumpulan data. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Santika di Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak serratus responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggnakan metode teknik Accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan program Product and Service Solutions (SPSS) versi 22.00. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatid dan kuantitatif. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala rating. Pengujian data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik (normaalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, autokorelasi), uji korelasi, Uji koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji F , dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap.

References

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Mowen, John C dan Michael Minor: Perilaku Konsumen, edisi lima. Jakarta : Erlangga, 2002.

Suci, Gadis Prasetiya, Rahayu Triastity, dan Sumaryanto: Pengaruh Lokasi, Kualitas pelayanan, dan Fasilitas Hotel Terhadap Keputusan Menginap Pelangan di Hotel Survei Pada The Margangsa Hotel Surakarta. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, vol.18, no.3 ( September 2018), hal. 410-420.

Sulastiyono, Agus: Manajemen Penyelenggaraan. Bandung : ALFABETA cv, 2016.

Tjiptono, Fandy: Manajemen Jasa. Malang: Bayumedia, 2006.

Tjiptono, Fandy: Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2014.

Tjiptono, Fandy: Strategi Pemasaran, edisi tiga. Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2008.

Weenas, Jackson R.S: “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta”. Jurnal EMBA, vol.1, no.4 (Desember 2013) , hal. 607-618.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles