Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Rumah Makan Padang di Kota Pontianak

Authors

  • Benedikta Krismitasari Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini sebuah pengujian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 70 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik purposive sampling. Pembahasan dengan mengunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi. Model Pengujian yang digunakan menggunakan program software SPSS 22. Berdasarkan hasil uji dapat dilihat bahwa orientasi kewirausahaan, inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.

References

Indriani, Etty, Agus Utomo, dan Irwan Christanto Edy. Model Strategi Penguatan Daya Saing Industri Kreatif Pariwisata Bernilai Kearifan Lokal. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2020.

Karinda, Melanie V. A., Lisbeth Mananeke dan Ferdy Roring. “Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT. Telkom Area Tomohon.” Jurnal EMBA, vol.6,no.3 (Juli 2018), hal.1568-1577.

Sanusi, Anwar. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Selemba Empat, 2011.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2016.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles