Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Faktor Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Merpati di Pontianak

Authors

  • Suwandi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Nilai Pelanggan dan Faktor Lokasi terhadap Keputusan Menginap pada Hotel Merpati di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan studi observasi, kuisioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden 110 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program SPSS 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel nilai pelanggan dan faktor lokasi simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa nilai pelanggan dan faktor lokasi simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap.

References

A.N. Rumengan., H.N. Tawas., R.S. Wenas. “The Analysis of Brand Image, Product Quality, and Pricing Strategy Toward Cosumer Puchase Decision of Daihatsu Alya Manado Branch”. ISSN 2303-1174.

Dharmamesta, Basu Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, edisi 2. Yogyakarta: Penerbit Liberty.

Ghozali, Imam. 2013. Apilikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro,

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate Dengan SPSS. Yogyakarta: Gaya media.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles