Analisis Pengaruh Promosi, Kinerja Layanan dan Kepercayaan Anggota terhadap Minat Menabung Anggota Credit Union Kecamatan Simpang Dua Kabupaten Ketapang

Authors

  • Natalia Nopi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern mengakibatkan tingkat persaingan didunia bisnis terutama bisnis dibidang sektor jasa keuangan menjadi lebih ketat dan sulit untuk diprediksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh promosi, kinerja layanan dan kepercayaan anggota terhadap minat menabung pada Credit Union Pancur Dangeri Kecamatan Simpang Dua Kabupaten Ketapang. Dalam penelitian ini data yang dianalisis diperoleh dengan melakukan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Metode yang digunakankan metode asosiatif. Populasi yang digunakan yaitu semua anggota yang menabung pada Credit Union Pancur Dangri Kecamatan Simpang Dua Kabupaten Ketapang dengan total populasi sebanyak 1.688 orang berdasarkan tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampling incidental dengan sampel sebanyak 120 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Adapun saran yang dapat diberikan penulis yaitu pihak Credit Union harus lebih mempertahankan dan terus meningkatkan cara melakukan promosi, kinerja layanan, dan kepercayaan anggota sehingga Credit Union dapat terus berkembang.

References

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kotler, Philip dan Keller Lane Kevin. Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2009.

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Partiwi, Dani dan Soesanto, Herry. “ Analisis Pengaruh Tribut Bangunan, Mutu Tabungan dan Promosi Penjualan Terhadap Citra Perusahaan Dalam Meningkatkan Minat Menabung Nasabah Tabungan.” Jurnal of Management Vol.5,no.2 (2016), pp. 1-15.

Sanusi, Anwar. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Sudaryono. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit C.V Andi Offset, 2016

Sugiyono. Metode penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2014

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles