Analisis Pengaruh Harga, Kinerja Pelayanan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Kacamata Merk Maroon 5 di Toko Optik Trenjaya Cabang Pontianak

Authors

  • Fransiska Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kinerja pelayanan, dan lokasi terhadap keputusan pembelian Kacamata Merk Maroon 5 di Toko Optik Trenjaya Cabang Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kueisioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Kacamata Merk Maroon 5. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak serratus responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode teknik sampling purposive. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistic yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 22.00. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Skala yang digunakan dalam analisis data kualitatif adalah Skala Likert. Pengujian data dilakukan dengan, uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), uji hipotesis (koefisien determinasi, uji f dan uji t). Hasil dari penelitian ini adalah harga, kinerja pelayanan, dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Maran. (2021). Teknik Meningkatkan Pengelolaan Credit Union terhadap Perbankan dengan Memanfaatkan Teknologi Online. Jurnal Teknologi, 11(1), 2021, 20-23.

Novitasari, Yuanita. Pengaruh Kenyamanan Mata, Keamanan Mata, Harga, Dan Gaya Hidup Terhadap Pemilihan Alat Bantu Penglihatan Kacamata Dan Softlens. Jakarta: Universitas Unika Atma Jaya, 2019.

Pramularso, Eigis Yani. Pengaruh Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan di PT Setiajaya Mobilindo. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika, 2018.

Saputro, Galuh Beni. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Android Samsung Pada Kelompok Pendapatan Kelas Bawah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2019.

Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2014.

Utami, Christina Widya. Strategi Pemasaran Ritel. Jakarta: PT Indeks, 2008.

Wibowo, Candra. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.

Wulandari, Oryz Agnu Dian. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Kacamata Di Alun-Alun Kota Surakarta. Surakarta: Universitas Muhmmadiyah Surakarta, 2015.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles