Pengaruh Strategi Promosi dan Kinerja Layanan Kinerja Layanan terhadap Minat Menabung pada Credit Union Keling Kumang TP Ahmad Yani di Pontianak

Authors

  • Supiana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Promosi dan Kinerja Layanan terhadap Minat Menabung pada Credit Union Keling Kumang TP Ahmad Yani di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota credit union Keling Kumang di Pontianak.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel strategi promosi dan kinerja layanan yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat menabung.

References

Ghozali, Imam. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23 Edisi 1. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Mursid. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Nugroho, Adi Wahyu, dan Budi Sudaryanto. 2013. “Pengaruh Kinerja Layanan, Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang.” Journal of Management, Vol. 2, no. 3, pp. 1-9.

Priansa, Donni juni. “Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.” Bandung: Alfabeta, 2017.

Sugiono, P.D. Metode Penelitian Manajemen. Bandung Alfabeta, CV, 2013.

Tjiptono, Fandy. “Pemasaran Jasa.” Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2014.

Weenas, Jackson R.S. 2013. “Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta.” Jurnal EMBA, Vol. 1, No. 4, pp. 607-618.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles