Analisis Pengaruh Orientasi, Pelatihan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Kantor Cabang CU. Keling Kumang di Sintang

Penulis

  • Januaris Dami Nanjung Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel Orientasi, Pelatihan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan yang terdapat pada Credit Union Keling Kumang di Sintang. Penulis menggunakan bentuk penelitian asosiatif dan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan melalui studi dokumenter dan penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan pada CU Keling Kumang di Sintang. Dengan menggunakan metode sampling total atau menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel sehingga sampel yang digunakan adalah sebanyak 42 responden. Hasil dari penyebaran kuesioner diolah dengan memberikan bobot penilaian berdasarkan skala likert. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan Orientasi dan Pelatihan terhadapap kinerja karyawan pada Credit Union Keling Kumang di Sintang, kemudian dapat disimpulkan pula bahwa Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Credit Union Keling Kumang di Sintang. Orientasi, Pelatihan dan Lingkungan kerja juga berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada Credit Union Keling Kumang di Sintang.

Referensi

French dalam Gary Desler. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Bahasa Indonesia), Prentice Hall, Inc.

Lianto. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55-61

Mangkuprawira, Sjafri. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Naibaho. 2010. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jakarta.

Rompas. 2018. Penelitian Dampak Pelatihan, Orientasi dan Motivasi Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Bpbd Provinsi Sulut. Sedarmayanti. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju, 2013.

Sinambela, Lijan Poltak. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia membangun tim kerja yang solid untuk meningkatkan kinerja. Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Sulistiyani, Ambar T. dan Rosidah, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sunyoto, Danang. 2012. Sumber Daya Manusia. Teori; Kuisioner; dan Analisis data Cetakan 1. CAPS Publishing, Yogyakarta.

Wibowo. 2013. “Pengaruh Pelatihan dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Teknisi” pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Area Bojonegoro.

Diterbitkan

2021-05-31

Terbitan

Bagian

Articles