Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kinerja Penjualan Pengecer Bumbu Ladaku pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak

Authors

  • Jimmy Sung Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kinerja penjualan pengecer bumbu Ladaku pada PT Sumber Fajar Inti Abadi di Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yang merupakan teknik sampling non random dimana peneliti menarik pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif, dengan menggunakan skala rating dan untuk memproses data pada penelitian ini menggunakan program spss 22. Hasil pengujian validitas menujukkan semua variabel valid. Hasil pengujian reliabilitas juga menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan oleh peneliti reliabel. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel citra merek dan kualitas produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan.

References

Darmanto. Keterkaitan Orientasi Strategi Dan Kinerja Pemasaran: Kemampuan Perubahan Organisasi Memoderasi Orientasi Pasar Pada Orientasi Inovasi Ukm Makanan Di Surakarta. Disertasi. Surakarta: Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta,

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Sutrisno, Edy. Budaya Organisasi, Edisi ketiga, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013

Tjiptono, Fandy. Branding&Brand Longevity di Indonesia. Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2014.

vol. 3, 23, 2014.

Wijaya, Tony. Manajement Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media, 2018.

Xian, Gou Li, dkk. Corporate-, Product-, and User-Image Dimensions and Purchase Intentions. Journal of Computers, (6)9: 1875 1879, (2011).

Downloads

Published

2022-05-31

Issue

Section

Articles