Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Kualitas Produk, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Kasur Busa Merek Camel pada PD Anggrek di Pontianak

Penulis

  • Chandra Wijaya Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif, kualitas produk, dan brand image terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini berbentuk penelitian asosiatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter berupa data primer dengan melakukanobservasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner atau angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen atau pembeli yang melakukan pembelian Kasur busa merek Camel pada PD Anggrek di Pontianak. Sampel ditentukan dengan teknik sampling insidental, sehingga diperoleh 120 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan model regresi linear berganda. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji koefisien korelasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa harga kompetitif, kualitas produk dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Referensi

Kotler & Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pelealu, D.R. (2021). Analisis Customer Loyalty yang diprediksi oleh SERVQUAL, Service Information, dan Brand Image melalui Customer Satisfaction. Revitalisasi: Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 141-156.

Putri Adriana Lantika, dan Ferdinan Augusty Tae. 2016. “Analisis Pengaruh Citra Toko dan Harga Kompetitif terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko H.A Laury di Semarang.” Diponegoro Journal Of Management. hal 1-13.

Riyono dan Budiharja. 2016. “Pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan brand image terhadap keputusan pembelian produk Aqua di Kota Pati.” Jurnal STIE Semarang, 8.2.

Tjiptono, Fandy dan Diana, Anastasia. 2003. Total Quality Management (TQM), Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Diterbitkan

2021-05-30

Terbitan

Bagian

Articles