PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT MEMBELI KONSUMEN PADA MINIMARKET MITRA JAYA DI PONTIANAK

Authors

  • Clara Meirista

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan penerapan store atmosphere, tanggapan konsumen terhadap kebijakan tersebut, dan pengaruhnya terhadap minat membeli konsumen pada Minimarket Mitra Jaya di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, observasi, dan studi dokumenter. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden yang telah berbelanja lebih dari dua kali pada Minimarket Mitra Jaya di Pontianak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan menggunakan skala likert dan diolah menggunakan software SPSS 17. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel store atmosphere yang diuji menggunakan regresi linear berganda, uji simultan, dan uji parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel minat membeli pada Minimarket Mitra Jaya di Pontianak. Saran-saran yang diberikan oleh penulis adalah minimarket perlu melakukan perubahan kecil pada interior seperti menaruh pewangi ruangan agar konsumen merasa nyaman ketika berbelanja dan diharapkan terus meningkatkan kualitas pramuniaga dalam melayani konsumen agar konsumen merasa senang.

Downloads

Published

2016-06-08

Issue

Section

Articles