Pengaruh Promosi Online, Potongan Harga, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran UMKM Ritel di Pontianak

Penulis

  • Dewi Santika

Kata Kunci:

promosi online, potongan harga, kepercayaan konsumen, kinerja perusahaan

Abstrak

Perubahan preferensi belanja masyarakat yang bergeser dari format besar ke kecil menyebabkan banyak gerai ritel kekurangan intensitas belanja dari para konsumen. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel promosi online, potongan harga dan keprcayaan pelanggan dapat mendorong peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM Ritel di Pontianak. Tujuan dari peningkatan kinerja pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan perusahaan, keberlangsungan hidup usaha, dan ekspansi usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Ritel di Pontianak yang berjumlah 56 pelaku usaha. Teknik penentuan jumlah sampel dan metode penarikan sampel menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 26. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kinerja promosi online, daya tarik potongan harga dan kepercayaan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kinerja promosi online dan daya tarik potongan harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran, dan variabel kepercayaan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Kata kunci: Promosi Online, Potongan Harga, Kepercayaan Konsumen, Kinerja Pemasaran

Referensi

Aini, K., & Rahmawati, P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Alfamidi Super Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 60-68.

Dwiastuti, R., Shinta, A., & Isaskar, R. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: UB Press.

Elvera, & Astarina, Y. (2020). Pengaruh Promosi Online dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan ‘Kimi Collection’ Kota Pagar Alam. Jurna Aplikasi Manjemen dan Bisnis (JAMB), 1(1), 47-56.

Elondri, Yurasti, Yuliza, M., Alhempi, R. R., Anggraini, N. (2022). Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah. Purwokerto Selatan: CV. Pena Persada.

Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Firmansyah, & Nalurita, S. (2022). Pengaruh Marketing Online dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Toko The Athlete’s Foot. Jurnal Mitra Manajemen, 13(2), 35-44.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Herdian, R., & Puspitasari, D. M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Diskon Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. FairValue: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(4), 1777-1785.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kompri. (2020). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Expert.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 13), Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Nainggolan, N., & Parinduri, T. (2020). Pengaruh Potongan Harga dan Bonus Terhadap Keputusan Pembelian Pembelian Konsumen Minimarket Indomaret Serbelawan. Manajemen: Jurnal Ekonomi USI, 2(1), 54-64.

Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194-199.

Noor, R. Z. Z. (2010). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Prastiwi, E., Djumali, & Widayanti, R. (2019). Analisis Standar Mutu, Diskon dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Buku Pendamping Maestro (Studi Pada Sekolah Dasar di Kabupaten Wonogiri). Edunomika, 03(1), 43-51.

Purnama, I. (2020). Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram Terhadap Minat Beli Konsumen. Youth & Islamic Economic Journal, 1(2), 14-20.

Rahmi, A., & Yogia, M. A. (2015) Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Dikalangan Mahasiswa Stui Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau, Jurnal Administrasi Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 01(1), 149-171.

Reven, D., & Ferdinand, A.T. (2017). Analisis Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal Of Management, 6(3), 2337-3792.

Rizanata, M. F. (2014). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Word Of Mouth, Niat Beli dan Retensi Pelanggan Gerai Indomaret di Surabaya. Journal of Business and Banking, 4(1), 31-42.

Rosidah, I., & Sudarwanto, T. (2016). Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Fresh Product Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan di Carrefour Rungkut Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 4(3), 1-9.

Rosmayani. (2021). Kinerja Pemasaran. Surabaya: Pustaka Aksara.

Suharsono, R. S., & Sari, R. P. (2019). Pengaruh Promosi Media Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab (Studi Pada Alif Galeri Hijab Sidoarjo). Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 1(2), 41-54.

Wahyudi, S. (2017) Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying. Jurnal Valuta, 3(2), 276-289.

Wuryasti, F. (2018). Volume Konsumsi FMCG Meningkat 6.5%. Diakses dari https://mediaindonesia.com/ekonomi/206584/volume-konsumsi-fmcg-meningkat-65, 11 Januari 2023.

Yusnidar, C. & Misdalaina. (2021). Pengaruh Potongan Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Adi Sport Sigli Kabupaten Pidie. Jurnal Ekobismen, 1(2), 67-76.

Diterbitkan

2024-06-27

Terbitan

Bagian

Articles