Pengaruh Keunggulan Produk, Daya Tarik Promosi dan Lokasi terhadap Kinerja Penjualan pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak

Penulis

  • Yustina Ayong Irsa Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widya Dharma Pontianak

Kata Kunci:

Keunggulan Produk, Daya Tarik Promosi, Lokasi

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keunggulan produk, daya tarik promosi dan lokasi terhadap kinerja penjualan. Penelitian ini berbentuk penelitian kausalitas dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter berupa data primer dengan melakukan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner atau angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku atau pemilik UMKM makanan dan minuman di kota Pontianak. Sampel ditentukan dengan teknik slovin, sehingga diperoleh 243 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan model regresi linear berganda. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2),
uji koefisien korelasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keunggulan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja penjualan, sedangkan daya tarik promosi dan lokasi tidak terdapat pengaruh terhadap kinerja penjualan.

Referensi

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Fadilah, K. & Sari, D.K. (2022), Pengaruh Kualitas Produk, Orientasi Pasar dan Penjualan Adaptif Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing pada Mitra Usaha PT. Natural Nusantara di Kecamatan Prigen Pasuruan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 1(3), 441-453.

I, G.P.K.A., (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Vol 5, 295-302.

Imelda, A., Inka, A., & Jayanti, A.E. (2021), Pengaruh Harga, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Kentanix Supra Internasional. Vol 4, 243-252.

Musa, B. & Rotinsulu, J.J. (2021), Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Lokasi Terhadap Omzet Penjualan Telur Ayam pada PT. Pandu Prima Manado. Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi, 7(3), 2701-2710.

Nita, M., & Augusty, T.F. (2015). Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Minat Pembelian Konsumen. Vol 5, ISSN: 2337-3792.

Santika, D. (2021), Strategi Keunggulan Layanan, Kapabilitas Inovasi dan Daya Tarik Pada Promosi dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Sektor Kuliner Selama Pandemi di Kota Pontianak, Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak, 12(1), 97-108.

Selamet, T. & Furinto, T. (2023). Geliat MLM di Indonesia: Strategi dan Implementasi. Gayung Kebonsari Surabaya: CV Jakad Media Publishing.

Setiyaningrum, Ari., Udaya, Jusuf, dan Efendi. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran: Pengendalian Plus Trren Terkini tentang Pemasaran Global, Pemasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneural Marketing dan E-Marketing, Edisi Kesatu.

Yogyakarta: Andi.

Utami, C.W. (2018). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Diterbitkan

2024-06-27

Terbitan

Bagian

Articles