Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif dan Brand Image terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak

Penulis

  • Susana Dewi Kartika Suliana Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, Universitas Widya Dharma Pontianak

Kata Kunci:

kualitas produk, harga kompetitif, brand image, kinerja pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga kompetitif dan brand image terhadap kinerja pemasaran pada UMKM fashion di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 97 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, harga kompetitif dan brand image yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan harga kompetitif berpengaruh namun tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Referensi

Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Akmami: Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, 2(2), 204–219.

Fitriani, K.L. (2019). Analisis Modal Relasional, Kapabilitas Inovasi Produk, dan Daya Tarik Produk pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kreatif di Wilayah Tiga Cirebon. Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(10), 61-67.

Jasmani. (2018). Pengaruh Peran Nilai Pelanggan dan Citra Merek Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus PT Berkah Motor Wonosari). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 2, No. 2, Desember 2018: 263 – 280.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Macaman Jaya Cemerlang. Jakarta.

Peter, J. P., & Olson J. C. (2017). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (edisi 9). Jakarta: Salemba Empat.

Ramadzan, D. D. (2022). Analisis Pengaruh Citra Merek, Inovasi Produk dan Iklan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Intervening. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol 1, No. 2, 100-111.

Rusdianti, E., Wardoyo, P., & Purwantini, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Strategi ATM Terhadap Kinerja Pemasaran Dengan Daya Tarik Produk Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Industri Knalpot di Kab. Purbalingga). Dinamika Sosial Budaya, Vol 21, No. 1.

Suhendra Tedy (2022). Studi Promosi, Kualitas Produk, dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Kerajinan Tangan di Kota Pontianak). Bisma, Vol 6. No. 11.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi.

Wawo, F.L.P., Lapian, J., & Kawet, R. (2016). Analisis Kualitas Produk, Promosi dan Distribusi Terhadap Kinerja Pemasaran pada PT Daya Adicipta Wisesa (Honda) Watutumou. Jurnal EMBA, Vol.4, No.3.

Diterbitkan

2024-06-27

Terbitan

Bagian

Articles