Analisis Kinerja Pemasaran UMKM Katering di Pontianak
Abstrak
Katering terbaik yang ditawarkan tidak hanya meliputi menu makanan yang beragam, namun juga kebersihkan makanan dan bahan makanan yang terjamin, serta koki handal yang pasti memasak makanan yang lezat. Jasa boga atau yang biasa dikenal sebagai jasa katering adalah sebuah wirausaha terutama di Indonesia yang melayani pemesanan berbagai macam masakan baik untuk keperluan sehari-hari, pesta atau kebutuhan suatu instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pelanggan, keunggulan produk, daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Katering di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Katering di Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating.