Pengaruh Fokus pada Pesaing, Fokus pada Pelanggan dan Kapabilitas Inovasi terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran Penggiat UMKM (Studi Kasus pada Penggiat UMKM Kerajinan Manik-Manik di Kota Pontianak)
Abstrak
Pada riset ini dapat diketahui adanya pengaruh dari fokus pada pesaing, fokus dengan pelanggan dan kapabilitas inovasi terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM para penggiat kerajinan manik-manik di kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Sampling Jenuh (Sensus) dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan rating scale dengan bantuan Statiscal Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil uji t menunjukkan bahwa: (1) fokus pesaing tidak memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM penggiat kerajinan manik-manik di kota Pontianak. (2) fokus pada pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM penggiat kerajinan manik-manik di kota Pontianak. (3) kapabilitas inovasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM penggiat kerajinan maik-manik di kota Pontianak.