Penilaian Pengaruh Harga Kompetitif, Daya Tarik Produk, dan Brand Trust Terhadap Minat Beli Konsumen
Studi Kasus pada Konsumen Warung Kopi di Kota Pontianak
Kata Kunci:
harga kompetitif, daya tarik produk, brand thrust, keputusan pembelianAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa besar pengaruh harga kompetitif, daya tarik produk, dan brand trust terhadap minat beli produk kopi di Kota Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 120 responden untuk mendapatkan data yang dibutuhkan oleh peneliti, responden yang dituju adalah orang yang merupakan konsumen yang membeli produk kopi di Kota Pontianak. Data kemudian di analisis dengan menggunakan regresi linear berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga kompetitif, daya tarik produk, dan brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel brand trust memberikan kontribusi terbesar dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, diikuti oleh harga kompetitif dan daya tarik produk. Penelitian ini memberikan hasil penilaian dimana strategi pemasaran yang baik adalah melalui penetapan harga yang kompetitif, membuat produk dengan daya tarik serta membangun brand trust agar mampu menarik pelanggan untuk membeli kopi di Kota Pontianak.
Referensi
Anguiano FS, Loving RD, & Zeelenberg M. 2022. The Interaction of Product Attractiveness and Decision-Making Style on Consumer Purchase Intention: A Cultural Moderation Perspective. Journal Internation Consumer Marketing, 25-26.
Atmaja NP & Menuh NN. 2019. Peran Mediasi Brand Trust Pada Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Prosiding Seminar Nasional.
Clarissa J. 2021. Pengaruh Harga Kompetitif, Suasana Toko Dan Atribut Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Ekaric Dwi Putra (Swalayan Citra Siantan) Pontianak. Bisma.
Fawzi MH, Iskandar AS, Erlangga H, Nurjaya H, & Sunarsi D. 2022. Strategi Pemasaran konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books, Banten.
Ferdinand A. 2020. Metode Penelitian Manajemen edisi kelima. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gunarsih CM, Kalangi J & Tamengkel LF. 2021. Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Productivity, 70.
Haque MG. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusam Pembelian Pada PT. Berlian Multitama di Jakarta. E-MABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 33.
Inggasari SM & Hartati R. 2022. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlet Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 9.
Jenkins DG & Quintana-Ascencio PF. 2020. A solution to minimum sample size for regressions. PLOS ONE.
Kurniawan RM, Soesanto H & Sugiarto J. 2017. Pengaruh Daya Tarik Produk, Daya Tarik Pelayanan, Dan Daya Saing Tarif Terhadap Kepuasan Nasabah Yang Berdampak Pada Keputusan Bertransaksi.
Mustofa RH & Aprillia RD. 2022. The Influence of Lifestyle and Product Attractiveness on Purchasing Decisions at Coffee Shop in Blora Regency. ATLANTIS PRESS, 21.
Putri AL & Ferdinand AT. 2016. Analisis Pengaruh Citra Toko Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko H.A Laury Semarang. Diponegoro Journal Of Management.
Rizan M, Saidani B & Sari Y. 2012. Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
Saleh MY & Said M. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV SAH MEDIA.
Siswanty YE & Prihatini AE. 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Sariayu Martha Tilaar (Studi pada Konsumen Wanita Sariayu Tilaar yang berada di Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Suryani S & Rosalina SS. 2019. Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Journal of Business Studies.
Tambunan TS. 2023. Pengantar Manajemen. K E N C A N A, Jakarta.
Utomo IW. 2017. Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi.
Yasa. 2021. Peran Brand Trust Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen.
Zulaicha S & Irawati R. 2016. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi dan Bisnis, 4, 125.
Zusrony E. 2021. Perilaku Konsumen Di Era Modern. Yayasan Prima Agus Teknik, Semarang.