Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen Pada Sektor Barang Konsumen Primer Di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Kebijakan dividen dapat mengindikasikan bahwa suatu perusahaan dalam keadaan kondisi stabil, dilihat dari dividen yang dibagikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan terhadap kebijakan dividen. Objek penelitian ini adalah perusahaan sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 sampai dengan 2020. Jenis data yang digunakan berupa laporan tahunan perusahaan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 24 sampel perusahaan. Penulis menganalisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen, sedangkan leverage dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh. Penulis menyarankan penelitian selanjutnya menambah kembali variabel lain dan menambah periode penelitian sehingga diperoleh hasil yang lebih akurat.
Referensi
Agustina, L. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. 5(10).
Agustino, N.W. & Dewi, S.K. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Manjemen, 8(8), 4957-4982.
Budiman, S. & Harnovinsah. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Arus Kas Operasi, dan Arus Kas Bebas terhadap Dividen Kas Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi, 8(1).
Oktaviani, L. & Basana, S.R. (2015). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur 2009-2014). Journal of Research in Economics and Managemen, 15(2), 361-370.
Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.