Pengaruh Kebijakan Dividen, Corporate Social Responsibility, dan Investment Opportunity Set terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, Corporate Social Responsibility, dan Investment Opportunity Set terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, kebijakan dividen diukur dengan dividend payout ratio, Corporate Social Responsibility diukur dengan CSRIj, Investment Opportunity Set diukur dengan market value to book value of assets ratio, dan nilai perusahaan diukur dengan price book value. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang berhubungan dengan kausalitas. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji determinasi, uji F, dan uji t yang dilakukan menggunakan bantuan alat analisis SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan Investment Opportunity Set berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.