Pengaruh Sales Growth, Leverage, Persistensi Laba terhadap Earning Response Coefficient pada Perusahaan Sub Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari sales growth, leverage, dan persistensi laba terhadap earning response coefficient. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016 hingga tahun 2020 sebanyak 68 perusahaan dan metode yang digunakan sebagai dasar pengambilan sampel adalah metode purposive sampling sehingga perusahaan yang memenuhi kriteria sebanyak 37 perusahaan. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh positif terhadap earning response coefficient sedangkan leverage dan persistensi laba berpengaruh negatif terhadap earning response coefficient. Kemampuan ketiga faktor tersebut dalam memberikan penjelasan terhadap earning response coefficient adalah sebesar 5,80 persen sedangkan sebesar 94,20 persen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar mempertimbangkan variabel independen dan sektor lain serta memperpanjang periode penelitian.