Pengaruh Working Capital Management, Growth Opportunity Dan Firm Size Terhadap Firm Value Pada Perusahaan Sub Sektor Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh working capital management, sales growth dan firm size terhadap firm value. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausal. Populasi yang digunakan adalah enam puluh tiga perusahaan sub sektor konsumsi di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015 hingga 2019, dari populasi tersebut diperoleh tiga puluh enam perusahaan yang dijadikan sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, uji asumsi klasik, uji analisis data dan uji regresi linear dengan menggunakan panel data regression analysis menggunakan program STATA versi 14. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa working capital management dan sales growth berpengaruh negatif terhadap firm value, sedangkan firm size tidak berpengaruh terhadap firm value pada sub sektor konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.