Analisis Pengaruh Leverage, Opinion Shopping, dan Ukuran Perusahaan terhadap Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara leverage, opinion shopping, dan ukuran perusahaan terhadap opini audit going concern. Variabel leverage diukur menggunakan debt to equity ratio, opinion shopping diukur menggunakan variabel dummy, dan ukuran perusahaan diukur menggunakan logaritma natural total aset. Dalam penelitian ini, bentuk penelitian menggunakan studi asosiatif dengan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 46 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 31 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan permodelan regresi logistik. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa variabel leverage tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, variabel opinion shopping tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, dan variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern.