Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Growth Opportunities terhadap Konservatisme Akuntansi Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pofitabilitas, ukuran perusahaan dan growth opportunities terhadap konservatisme akuntansi pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014 sampai tahun 2018. Populasi sebanyak 57 perusahaan menggunakan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder. Teknik analisis data dengan permodelan regresi linear berganda. Koefisien determinasi menunjukkan persentase kemampuan pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan dan growth opportunities terhadap konservatisme akuntansi sebesar 8,60 persen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, growth opportunities berpengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi.