Analisis Pengaruh Pajak, Leverage dan Tunneling Incentive terhadap Keputusan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, leverage dan tunneling incentive tehadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian asosiatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 26 perusahaan. Kriteria sampel yang digunakan adalah perusahaan yang telah IPO pada atau sebelum tahun 2014, laporan keuangan tersedia lengkap dari tahun 2014 sampai dengan 2018, perusahaan tidak mengalami kerugian dari tahun 2014 sampai dengan 2018 serta perusahaan yang dimiliki oleh perusahaan asing dengan persentase kepemilikan saham di atas 20 persen. Data diolah dan diuji menggunakan program aplikasi SPSS versi 22 dalam melakukan pengujian analisis statistik deskriftif, uji multikolinearitas dan uji regresi logistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pajak, leverage dan tunneling incentive tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan transfer pricing.