Analisis Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan dan Leverage terhadap Kualitas Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia
Kata Kunci:
ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, kualitas labaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, umur perusahaan dan leverage terhadap kualitas laba. Populasi dalam penelitian ini adalah 52 Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 sampai dengan 2018. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 35 perusahaan, sedangkan tujuh belas perusahaan lainnya tidak termasuk dalam penelitian karena tidak memenuhi kriteria. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji kelayakan model, dan uji hipotesis. Pengujian dilakukan dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh secara negatif terhadap kualitas laba, umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, dan leverage tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.