Pengaruh Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia
Kata Kunci:
hutang, profitabilitas, pertumbuhan, ukuran, nilai perusahaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan hutang, profitabilitas, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Objek penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 13 perusahaan. Teknik analisis meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi berganda dan koefisien determinasi, analisis linear berganda uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebijakan hutang, profitabilitas dan perumbuhan penjualan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.