Analisis Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Effective Tax Rate Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Kata Kunci:
profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, effective tax rateAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap effective tax rate. Populasi sebanyak 53 perusahaan sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia dengan sampel 27 perusahaan dengan penentuan menggunakan metode purposive sampling. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji kelayakan model, dan uji hipotesis. Hasil pengujian kelayakan model menunjukkan bahwa model dinyatakan layak sehingga hipotesis dapat dilakukan. Hasil pengujian hipotesis dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap effective tax rate, leverage berpengaruh negatif terhadap effective tax rate, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap effective tax rate.