Analisis Pengaruh Capital Expenditure, Sales Growth dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Kata Kunci:
Capital expenditure, sales growth, ukuran perusahaan, struktur modalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh capital expenditure, sales growth dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar Di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 sampai dengan 2018. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan metode penelitian kausal dan teknik pengumpulan data dengan studi dokumenter. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 33 perusahaan sehingga total sampel menjadi 165 data yang diperoleh melalui metode purposive sampling dengan kriteria pengambilan sampel, yaitu perusahaan yang telah melakukan IPO sebelum tahun 2014 dan perusahaan yang tidak di delisting selama tahun pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil analisis variabel independen terhadap dependen menunjukkan bahwa variabel capital expenditure berpengaruh positif terhadap struktur modal, variabel sales growth tidak berpengaruh terhadap struktur modal dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan.