Pengaruh Kepemilikan Institusional, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Mariani Mariani Program Studi Akuntansi STIE Widya Dharma Pontianak

Abstract

Nilai perusahaan adalah nilai sekarang dari arus pendapatan atau kas yang diharapkan diterima pada masa yang akan datang. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan yaitu kepemilikan institusional, leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan institusional, leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011 sampai dengan 2015. Jumlah sampel penelitian adalah 112 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi berganda dan koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage, ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Adapun saran bagi peneliti selanjutnya yang ingin meneliti perusahaan yang sama dan periode waktu yang sama adalah mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Kata Kunci: Kepemilikan, Leverage, Ukuran, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.

Downloads

Published

2022-02-11

Issue

Section

Articles