Analisis Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas Dan Total Assets Turnover Terhadap Rofitabilitas Pada Perusahaan Sektor Transportasi Dan Logistik Di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal, likuiditas dan total assets turnover terhadap profitabilitas pada Sektor Transportasi dan Logistik di Bursa Efek Indonesia. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data bersumber dari laporan keuangan tahun 2017-2021 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia melalui website resmi yaitu www.idx.co.id, data diolah menggunakan SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Transportasi dan Logistik yang Bursa Efek Indonesia dengan total populasi sebanyak 28 perusahaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 16 perusahaan sampel. Hasil penelitian yang diperoleh adalah struktur modal tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, likuiditas berpengaruh positif terhadap profitabilitas dan total assets turnover tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.
References
Violita, R. Y., & Sulasmiyati, S. (2017). Pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas (studi pada perusahaan food and baverages yang terdaftar di BEI tahun 2013-2016). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 138-144.
Widarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Edisi pertama. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Winarso, F. M. H. (2018). Hubungan Struktur Modal dan Profitabilitas: Analisis Perusahaan Infrastruktur pada Indonesian Stock Exchange Tahun 2012-2016. Jurnal Akuntansi, 7(2), 2773-2781. N. M. R. M., Susila, G. P. A. J., & Telagawathi, N. L. W. S. (2020). Pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pertambangan Subsektor Batubara yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(2), 256-262.
Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.