Analisis Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas terhadap Nilai Perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini terdapat 39 populasi perusahaan dengan sampel berjumlah 24 perusahaan barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Kriteria sampel antara lain perusahaan tersebut listing di Bursa Efek Indonesia selama periode penelitian, dan perusahaan tersebut menyajikan laporan keuangan tahunan lengkap dan telah di-audit pada periode 2013 sampai dengan 2017. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda metode deskriftif asosiatif, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, serta uji hipotesis dengan uji F dan Uji t dengan menggunakan alat bantu Statistical Product and Service Solution version 22 (SPSS 22). Hasil penelitian ini mennjukkan variabel likuiditas dan rentabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan variabel solvabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaaan sektor barang konsumsi yang terdaftar di bursa efek indonesia.
Kata Kunci: likuiditas, solvabilitas, rentabilitas, nilai Perusahaan