Analisis Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Customer Experience, Dan Daya Tarik Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Pada Hotel Grand Mahkota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pelanggan, customer experience, dan daya tarik lokasi terhadap keputusan menginap. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung Hotel Grand Mahkota Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 25. Hasil pengujian menunjukkan kepercayaan pelanggan, customer experience, dan daya tarik lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,889 yang menunjukkan pengaruh kualitas pelayanan, harga kompetitif dan daya tarik lokasi terhadap keputusan menginap sebesar 88,9 persen.
Referensi
Ahmad, Nizar. (2015). “Pengaruh Customer Experience terhadap Brand Image pada Handphone Smartfren Andromax C3.” Skripsi. Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Ekuitas.
Anderson, J.A. (1990). “A model of Distributor Firm and Manufacturer Firm Working Partnerships.” Journal of Marketing, Vol.5, No.4, Halm. 42-58.
Azhari, M.L., D. Fanani, dan M,K. Mawardi. (2015). “Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan dan loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan kfc kawi malang).” Jurnal Administrasi Bisnis, No.1, Halm 143-148.
Morgan, R.M., & Shelby D.H. (1994). “The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing.” Journal of Marketing, Vol.5, No. 8, Halm. 20-38.
Mowen & Minor.(2002). “Perilaku Konsumen”. Jilid1, Edisi kelima, Penerbit Erlangga.
Mowen, Jhon, C & Minor, Michael. (2012). “Customer Behavior.” 1 1st Edition Boston: Prentice Hall.
Schmitt, Bernd. (2016). “Experiential Marketing.” Journal of Marketing Management, .Vol. 15, Halm. 53-67.
Sumarwan, U. (2003). “Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran.” Cetakan Pertama, Penerbit PT. Ghalia Indonesia
Walter, Ute, B. Edvardsson, dan Asa Ostrom. (2010). “Drivers of customers ‘ service: a study in the restaurant industry.” Managing Service Quality, Halm. 236-258.
Zeithaml, V.A M.J Bitner dan Gremler. (2009). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 15th edition. New York: McGraw Hill.